Welcome to Fakultas Teknik

Welcome to Fakultas Teknik Unpatti >>> »

 

“Energi Listrik” karya FakultasTeknik Unpatti Raih Juara di Tingkat Nasional

Lampu Pijar

Provinsi Maluku merupakan daerah kepualan walaupun belum diberi Otonomi Khusus oleh pemerintah pusat tapi dari dulu Maluku sudah di kenal sebagai jalur perdagangan dunia. yang mana, provinsi ini memiliki basis laut yang sangat luasa dari pada daratan, kendati demikian Maluku merupakan Provinsi Dengan banyaknya SDA di laut yakni Maluku merupakan daerah penghasil Ikan tuna dan cakalang Nasioanal, dan juga ada hasil-hasil lain misalnya; rumput laut, terumbuh karang, Minyak, gas, dll Yang merupakan hasil dari bumi Maluku. tapi masyarakat Maluku masih di kategorikan sebagai provinsi ke 3 yang keterbelakangan dari daerah lain di Indonesia. Tapi untuk kita sebagai generasi muda Maluku yang berada di penghujung Indonesia bagian timur lewat bekal ilmu pengetahuan dan tatanan kedisiplinan budaya, maka banyak hal bisa terjadi contoh yang sangat nyata dan sangat membanggakan yaitu seorang pendahulu kita yaitu; ahli pertama Nuklir kita adalah DR. AG. Siwabessy, sebab itu reactor atom pertama RI milik BATAN (Badan Tenaga Atom Nasional) diberi nama reaktor Siwabessy untuk menghargai jasa jasa beliau. Ahli kusta pertama kita adalah Prof. dr. JB. Sitanala. Yang karyanya dihargai dunia internasional. Karena jasa-jasanya maka RS Kusta pertama dan terbesar di Indonesia diabadikan nama RS. dr. Sitanala di Tangerang.

Dari cerita singkat di atas maka hal ini itu tak perlu di ragukan lagi karena Masih ada lagi banyak karya yang masih di kembangkan, dan yang sudah di kembangkan oleh Provinsi Maluku. Tapi pada saat ini redaksi bulin kampus hanya ingin memberikan informasi kepada para pembaca bahwa Maluku di era sekarang ini bias menciptakan sesuatu yang baru yaitu Khususnya karya dari fakultas teknik universitas pattimura, yang telah berhasil dan sukses dalam menciptakan penemuan terbaru ini patut diberikan apresiasi kepada Fakultas Teknik Unpatti, Karen Dalam proses Persiapan tim Fakultas Teknik untuk menghadapi lomba Energi Tingkat Nasional di lakukan persiapan dari tahun 2015 sehingga pada tahun 2016 Fakultas Teknik merai hasil yang baik dengan memperoleh juara di tingkat Nasional, hal ini menjadi suatu kebanggaan bagi saya dan para tim yang terlibat dalam kegiatan tersebut, dan dukungan dana yang di peroleh dari PEMDA sebesar Rp 700.000.000, untuk persiapan lomba tersebut.

Rektor dan Dekan

Hal ini memang masih kurang karena fasilitas yang masih minim dan kurang memadai, namun tidak mengurangi semangat dari tim untuk tetap melakukan penelitian. “Ungkap Dekan Ir. Ilela” yang di temui redaksi Tim buletin di ruang kerjanya. uji coba Energi ini, di lakukan di teluk ambon yang belokasi tepat di dekat Detasemen Zeni Tempur 5 (Densipur 5), dalam uji coba sudah menghasilkan tenagah listrik dari hasil tersebut. dari hasil karya yang di ciptakan oleh Fakultas Teknik Unpatti ini di harapkan ke depan dapat berguna dan kiranya perusahaan dari para pihak yang mendukung untuk megembangkan teknologi terbaru dari hasil listrik ini. Di Provinsi Maluku, khususnya ke daerah-daerah yang belum di jangkau oleh PLN. Tenagah listrik hasil karya Fakultas Teknik Unpatti ini bisa dimanfaatkan bagi kebutuhan masyarakat kita kedepan. “tutur Ir. Ilela, MT”. Adapun Harapan dari bapak W.M. Rumaherang ,Ph.D. selaku ketua tim penyusun gagasan dalam lomba Energi Tingkat Nasional agar Kedepan kiranya Fakultas Teknik bisa memiliki bengkel yang mendukung dengan fasilitas yang cukup dan memadai dari sebelumnya.