Welcome to Fakultas Teknik

Welcome to Fakultas Teknik Unpatti >>> »

 

Perayaan Puncak Dies Natalis Fatek ke-45

Dies Natalis 45 Fatek Unpatti

Perayaan Dies Natalis ke-45 Fakultas Teknik yang dirayakan hari ini, 16 April 2015, dihadiri oleh Rektor selaku Pimpinan Universitas Pattimura, para undangan yang mewakili Fakultas dan Lembaga di Lingkungan Universitas, para Sesepuh Fakultas Teknik, para Staff dosen dan pegawai, alumni, pensiunan pegawai Fakultas Teknik dan para mahasiswa Fakultas Teknik. Acara perayaan Dies Natalis ini dibuka dengan Laporan dari Ketua Panitia. Dalam laporannya ketua panitia menyampaikan rangkaian kegiatan-kegiatan perayaan yang telah dilakukan, yakni kegiatan-kegiatan perlombaan, panggung hiburan dan open house dan juga kegiatan Seminar sehari yang membahas peranan Fakultas Teknik dalam pendidikan keteknikan dalam konteks Poros Maritim dan Tol Laut yang merupakan program Pemerintah saat ini. Laporan dari ketua panitia juga mengemukakan dua rumusan hasil Seminar Sehari yang dianggap penting, yakni bahwa;

1. Apa yang direncanakan oleh pemerintah sekarang ini, sebenarnya sudah ada dan merupakan dasar pikir yang mendasari pendirian Fakultas Teknik 45 tahun lalu dimana pada saat itu dengan prakarsa mendiang Presiden Sukarno dan para pendiri Fakultas ini untuk menyiapkan putra-putri daerah Maluku untuk menjadi ahli teknik bidang kelautan dengan pendirian Fakultas Teknik. Ketersediaan tenaga terdidik teknik bidang mesin dan konstruksi kapal didaerah Maluku tentunya akan memperkuat ketersediaan tenaga-tenaga terdidik untuk mengantisipasi rencana poros maritim dan tol laut yang direncanakan. Hal ini perlu dilanjutkan dan ditingkatkan terus guna tetap menghasilkan sarjana-sarjana teknik yang dapat bekerja dilingkungan industri kelautan.
2. Bagi Fakultas Teknik Universitas Pattimura sendiri, diberikan usulan, bahwa walaupun keadaan fasilitas pendukung kini masih terbatas, kita perlu terus mengembangkan kurikulum yang relevan untuk dapat menjawab kebutuhan dunia kerja dan terus bergerak maju mengikuti derap teknologi dan perkembangan zaman dalam usianya yang ke 45.

Pada bagian akhir dari laporannya, ketua panitia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pimpinan Fakultas dan seluruh civitas academica Fakultas Teknik yang telah bekerjasama sehingga keseluruhan rangkaian acara perayaan Dies Natalis ke-45 telah dapat dilaksanakan hingga pada acara puncak Ramah Tamah tepat di Hari Ulang Tahun Fakultas Teknik, 16 April 2015.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Pattimura mendukung visi dan misi yang telah direncanakan oleh Fakultas Teknik yang mana sesuai dengan Pola Ilmiah Pokok Universitas Pattimura: Bina Mulia Kelautan. Rektor berharap agar ide-ide Poros Maritim dan Tol Laut yang dicetuskan 45 tahun lalu yang mendasari berdirinya Fakultas Teknik berdasarkan rencana ITA (Institut Teknologi Ambon) dapat dikonsepkan sebagai suatu materi tertulis sehingga dapat disebar luaskan kepada berbagai pihak. Rektor menekankan perlunya seluruh civitas academica untuk tetap bekerjasama dalam membawa Fakultas Teknik untuk mencapai visi dan misi yang telah dipaparkan dalam materi Selayang Pandang 45 Tahun Fakultas Teknik yang dibawakan oleh Ris Ufie. Rektor juga mengharapkan dengan semakin bertambahnya usia Fakultas Teknik, akan semakin banyak riset-riset keteknikan yang dapat dihasilkan. Sambutan Rektor ditutup dengan ucapan viva Fakultas Teknik dan Selamat Ber-Dies Natalis ke-45.

Turut memberikan sambutan adalah Dekan Fakultas Teknik, Ir. Daud Ilela, BSE, MT dan yang mewakili Sesepuh Fakultas Teknik, Dr. Ir. M.K.J. Norimarna, M.Sc.

Acara seremonial ditutup dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan makan siang bersama oleh seluruh undangan.

ramah tamah_upt

SELAMAT HARI ULANG TAHUN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PATTIMURA YANG KE-45. VIVA FAKULTAS TEKNIK. HOTUMESE!