Kuliah Umum Direktur Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Federasi Rusia

Pada  tanggal 19 Juni 2015, Fakultas Teknik Universitas Pattimura (Unpatti) mendapat kunjungan Direktur Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Federasi Rusia di Indonesia, Dr. Vyacheslav V. Tuchnin, yang sekaligus juga memberikan kuliah umum (studium general) mengenai prospek studi lanjut tingkat pasca sarjana di Federasi Rusia. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Fakultas Teknik sebagai tuan rumah dan International Office (IO) Universitas Pattimura sebagai event organiser.

Dalam kuliah umum mengenai prospek studi lanjut di Rusia tersebut, dipaparkan hal-hal yang menjadi persyaratan utama yang harus dipenuhi serta gambaran lingkungan akademis pada universitas-universitas di Federasi Rusia. Dari presentasi yang dibawakan diketahui bahwa persyaratan utama untuk studi lanjut adalah kemampuan berbahasa Rusia. Untuk keperluan kemampuan berbahasa tersebut, telah dijajaki pula untuk usulan kepada pemerintah Federasi Rusia untuk dapat mengirimkan tenaga pengajar bahasa Rusia ke Universitas Pattimura untuk membantu persiapan penguasaan bahasa Rusia di Universitas Pattimura. Penjajakan penyediaan tenaga pengajar bahasa Rusia ini diusulkan oleh Pembantu Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistim Informasi, Prof. Ir. J.W. Mosse, M.Sc, Ph.D yang hadir mewakili Universitas dalam acara kuliah umum dan pertemuan lanjutan dalam bentuk Focus Discussion Group (FGD) yang dihadiri oleh Head of International Office (IO) Unpatti Dr. Yolanda Apituley beserta staf, Dekan Fakultas Teknik, Ir. D. Ilela, MT serta dosen lulusan Federasi Rusia dari Fakultas Teknik yakni Maximillian Rumaherang, Ph.D dan Eric Wattimena, MS.Eng.

Selain dihadiri oleh civitas academica Fakultas Teknik, acara kuliah umum ini juga dihadiri oleh civitas academica dari berbagai Fakultas di lingkungan Universitas Pattimura yang berminat terhadap kemungkinan studi lanjut di luar negeri seperti di Federasi Rusia. Turut hadir dalam acara kuliah umum tersebut dua orang sesepuh Fakultas Teknik lulusan Rusia, Ir. A.F. Tutuhatunewa, M.Sc dan Ir. F. Manuhutu, M.Sc.

Dari sesi tanya-jawab setelah presentasi materi oleh Direktur Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Pemerintah Federasi Rusia tersebut, terlihat antusiasisme peserta kuliah umum untuk dapat melanjutkan studi di Federasi Rusia, hal ini tergambar dari pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh para penanya untuk memperoleh informasi lebih jelas mengenai prospek studi di Federasi Rusia. Rangkaian acara kunjungan Direktur Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Federasi Rusia tersebut di tutup dengan acara makan malam bersama.